Terkait Pembatalan Merger, Disperinaker Badung Pertemukan Pekerja dan Manajemen Angkasa Pura 

PANTAUBALI.COM, BADUNG – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Badung mengadakan pertemuan antara karyawan yang tergabung dalam Serikat Pekerja Mandiri (SPM) Angkasa Pura Support (APS) dengan manajemen PT APS Kantor Cabang Denpasar.

Pertemuan yang berlangsung di Ruang Rapat Mandiri Gosana pada Senin (15/7/2024) ini bertujuan untuk menegaskan pembatalan rencana merger yang menimbulkan keresahan di kalangan karyawan.

Kepala Disperinaker Kabupaten Badung, I Putu Eka Merthawan menjelaskan, PT Angkasa Pura Support telah mengirim surat kepada Disperinaker pada 12 Juli terkait mediasi yang dilakukan pada 9 Juli sebelumnya.

Baca Juga:  Kabupaten Jembrana Terima Hibah Tanah Seluas 2,5 Hektare dari KKP

Dalam mediasi tersebut, Disperinaker menerima laporan dari SPM APS mengenai keresahan 2.200 karyawan terkait rencana merger yang dikhawatirkan akan mengubah status pekerja dari Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT) atau permanen menjadi Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) atau kontrak.

Disperinaker menegaskan kewenangan terkait merger berada pada pihak perusahaan. Namun, mereka tetap berperan sebagai pembina dan pengawas dalam proses ini.

“Karyawan tidak menolak merger atau restrukturisasi selama hal tersebut dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Namun, satu permintaan karyawan adalah agar tidak ada perubahan status pekerja dari tetap menjadi kontrak,” ujar Eka Merthawan.

Eka Merthawan berharap, merger ini dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan dan tidak mengorbankan hak-hak mereka.

Baca Juga:  Diduga Kelelahan, Pedagang Canang di Dalung Tewas Dipinggir Jalan

“Kami berharap pertemuan ini dapat menciptakan harmoni dalam bekerja dan menghindari pengingkaran. Disperinaker akan bertindak netral dan tidak memihak salah satu pihak,” terangnya.

Untuk memastikan pemantauan yang terus menerus, Disperinaker telah membentuk dua tim, yakni tim investigasi dan tim mediator hubungan industrial.

“Kami akan terus memantau perkembangan di PT APS dan memastikan bahwa hak-hak karyawan tetap terjaga,” ucapnya.

Baca Juga:  Temui Pihak Finns Beach Club dan Krama Adat Tegal Gundul, Ini 6 Poin yang Dibahas AWK

Pertemuan yang dimediasi oleh Disperinaker ini diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak serta memastikan stabilitas dan kesejahteraan karyawan PT Angkasa Pura Support.

Hadir dalam pertemuan tersebut Ketua Umum SPM Angkasa Pura Support Denpasar, Made Dodik Satriawan; Ketua Regional Federasi Serikat Pekerja Mandiri Regional Bali, Putu Tansana; dan Branch Manager PT APS Kantor Cabang Denpasar Djoko Setyo Pembudi serta perwakilan karyawan. (jas)