Debat Pilkada Tabanan Dirancang Tiga Sesi

Ketua KPU Tabanan I Wayan Suwitra.
Ketua KPU Tabanan I Wayan Suwitra

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabanan tengah mematangkan persiapan debat bagi dua pasangan calon bupati (Cabup) dan wakil bupati (Cawapub) dalam Pilkada 2024.

Ketua KPU Tabanan I Wayan Suwitra mengatakan, debat akan dijadwalkan berlangsung sebanyak tiga kali. Pertama akan dilaksanakan pada 31 Oktober, debat kedua pada 13 November, dan debat ketiga pada 20 November.

Awalnya, debat pertama dijadwalkan pada 30 Oktober, namun diundur sehari karena berbarengan dengan pelaksanaan debat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur oleh KPU Provinsi Bali.

Baca Juga:  Komisi II DPRD Tabanan Cek Proyek Restoran Bodong di Desa Mengesta

“Kami menggeser jadwal debat sehari agar tidak berbenturan dengan jadwal provinsi,” kata Suwitra, Rabu (16/10/2024).

Ia menyebut, pihaknya berencana melaksanakan debat di tiga lokasi berbeda. Sejauh ini, ada tiga lokasi yang diusulkan adalah Hotel Homm Saranam di Baturiti, Hotel Aston, dan Hotel Prime Plaza di Denpasar.

“Ketiga lokasi itu dipilih karena dianggap representatif, tetapi keputusan final masih dalam pembahasan,” ujarnya.

Begitu juga dengan jumlah peserta yang dapat hadir langsung di lokasi debat, Suwitra menegaskan bahwa pembatasan akan diterapkan.

Baca Juga:  PSN Tabanan Dukung Sanjaya-Dirga Lanjutkan Kepemimpinan

Namun, seluruh rangkaian debat akan disiarkan langsung melalui stasiun televisi agar masyarakat luas bisa mengikuti jalannya debat secara transparan dan terbuka.

“Kami akan menyesuaikan kapasitas lokasi. Jika tempatnya luas, mungkin lebih banyak pendukung yang bisa diizinkan masuk,” katanya.

Terkait materi debat yang akan dibahas, Suwitra mengaku, saat ini pihaknya sedang membentuk tim perumus untuk menyusun materi debat.

Baca Juga:  Beri Klarifikasi, Warga Kesiut Mengaku Diintimidasi Lantaran Dukung Salah Satu Calon Bupati

“Tim perumus materi masih dalam proses pembentukan, sehingga tema dan materi yang akan dibahas belum diputuskan,” jelasnya. (ana)