Parade Budaya HUT Kota Tabanan Akan Libatkan 500 Orang Lebih

Gladi parade budaya HUT Kota Tabanan ke 530, Minggu (26/11/2023).
Gladi parade budaya HUT Kota Tabanan ke 530, Minggu (26/11/2023).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Sebanyak 500 orang lebih akan terlibat dalam parade budaya HUT Kota Tabanan ke 530 yang akan digelar besok, Senin (27/11/2023).

Parade Budaya ini tentunya menjadi pergelaran yang sangat ditunggu oleh hampir semua kalangan masyarakat Tabanan sebab hampir semua lapisan masyarakat terlibat untuk tampil dalam parade.

“Jumlah peserta Parade lebih dari 500an orang, karena pada Parade kali ini, tidak saja menampilkan Kesenian dan Budaya Tabanan, namun juga akan menampilkan wajah Tabanan dari masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang,” ujarnya, Minggu (26/12/2023).

Baca Juga:  Apotek Melati Farma Tabanan Terbakar Akibat Korsleting Listrik, Kerugian Capai Rp7 Miliar

Dia menjelaskan, konsep Tabanan masa lalu ini ditampilkan dalam bentuk pawai barisan seniman Tabanan tempo dulu, barisan Sagung Wah melawan Belanda, barisan I Gusti Ngurah Rai dan barisan Debes Wagimin.

Selanjutnya, konsep Tabanan masa kini akan ditampilkan melalui parade kepemimpinan Tabanan Era Baru, parade Bhinneka Tunggal Ika, parade berbagai jenis barong, rodat Candikuning, Reog Ponorogo, gandrung Banyuwangi, kehidupan masyarakat agraris dan nelayan, serta barisan tematik dengan iringan gambelan Djembe.

Baca Juga:  WNA Australia Tenggelam di Pantai Balian Ditemukan Meninggal di Pinggir Secret Beach

“Sedangkan untuk menggambarkan Tabanan masa nanti, parade akan menampilkan barisan generasi Z dengan membawa laptop dan HP, harapan tematik generasi emas 2045, barisan generasi milenial era digitalisasi,” sambungnya.

Parade ini, akan mengambil start di Jalan Kresna (sebelah barat kantor Bupati), selanjutnya belok kiri di jalan Pahlawan, lurus menuju jalan Gajah Mada dan berakhir di jalan Gajah Mada sebelah Bank BPD Bali.

Baca Juga:  Pjs Bupati Jembrana Serahkan Santunan Duka Korban Tertimpa Pohon di Mendoyo

Pihaknya pun sudah berkoordinasi untuk melakukan rekayasa lalu lintas dan menyiagakan petugas di lokasi yang dilalui oleh peserta parade.

“Untuk petugas kemanan dan lalu lintas, dari Dishub sendiri, menyediakan sekirat 80 orang petugas, ditambah lagi dari personel Polres Tabanan. Rekayasa lalu lintas sendiri sudah akan dilakukan setelah pukul 12.00 WITA,” imbuhnya. (ana)