Pemkab Tabanan Gelar Pasar Murah Serentak Menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan

Pasar murah di Kabupaten Tabanan menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan.
Pasar murah di Kabupaten Tabanan menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Menjelang perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan, Pemerintah Kabupaten Tabanan mengadakan pasar murah serentak di sejumlah lokasi.

Pasar murah ini digelar selama empat hari yakni 20-23 September 2024 di sepuluh Kecamatan di Kabupaten Tabanan. Adapun pembukaan pelaksanaan pasar murah telah dilakukan di Kecamatan Tabanan pada Sabtu (21/9/2024).

Adapun sembako yang disediakan pada pasar murah kali ini meliputi 1.000 pcs telur kemasan 10 butir, 1.000 pcs minyak goreng 1 liter, dan 1.000 pcs beras kemasan 2 kilogram.

Baca Juga:  Museum Majapahit akan Dibangun di Kawasan Wisata Tanah Lot

Semua barang-barang tersebut dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasar, sehingga diharapkan mampu membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menjelaskan, pasar murah bertujuan untuk memberikan akses lebih mudah kepada masyarakat dalam mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau.

Selain itu, pasar murah ini penting dilakukan untuk menjaga stabilitas harga dan inflasi di Kabupaten Tabanan khususnya saat menjelang hari raya.

“Pasar murah ini kita siapkan sembako sebanyak 10 ribu paket di seluruh kabupaten dan Kecamatan di Tabanan dalam rangka menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan serta menjaga stabilitas harga, khususnya dalam menjaga inflasi,” jelas Sanjaya.

Baca Juga:  Pemkab Tabanan Ucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan

Pasar murah ini juga memiliki tujuan lain, yaitu untuk mendorong rasa kebersamaan di antara masyarakat dan pedagang lokal.

Dengan partisipasi aktif pedagang setempat, diharapkan hubungan sosial antara masyarakat dan pelaku usaha semakin erat, serta timbul rasa tanggung jawab untuk menjaga kebersihan lingkungan pasar.

Program ini diharapkan mampu membantu masyarakat dalam menghadapi lonjakan harga yang sering terjadi menjelang hari raya. (ana)