Secret Garden Village Baturiti Kebakaran, Api Diduga Berasal dari Dapur Restoran

Kebakaran di Restoran Secret Garden Village di Banjar Sekargula, Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Rabu (21/8/2024) pagi. 
Kebakaran di Restoran Secret Garden Village di Banjar Sekargula, Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Rabu (21/8/2024) pagi. 

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Kebakaran terjadi di Restoran Secret Garden Village yang berlokasi di Banjar Sekargula, Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, pada Rabu (21/8/2024) pagi.

Kejadian ini pertama kali diketahui sekitar pukul 04.20 WITA ketika alarm keamanan berbunyi di Pos Security Secret Garden Village.

Kasi Humas Polres Tabanan Iptu Gusti Made Berata mengatakan, kebakaran pertama kali diketahui oleh dua orang petugas keamanan.

Baca Juga:  Apotek Melati Farma Tabanan Terbakar Akibat Korsleting Listrik, Kerugian Capai Rp7 Miliar

Mereka melihat asap tebal mengepul dari area Selatan objek wisata itu yang berdekatan dengan pemakaman.

“Setelah itu mereka segera memeriksa area Resto SGV 1 dan menemukan adanya kebakaran,” ucap Berata.

Melihat kejadian itu, kedua petugas keamanan itu segera mengambil langkah cepat dengan menghubungi kepala keamanan serta meminta bantuan warga sekitar untuk melakukan pemadaman api.

Usaha pemadaman secara manual dilakukan dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) dan memanfaatkan air dari kran terdekat.

Baca Juga:  WNA Australia Terseret Ombak di Pantai Balian saat Selamatkan Turis Lain

Beruntung api telah berhasil dipadamkan oleh petugas keamanan bersama warga sekitar sebelum tim pemadam kebakaran Kabupaten Tabanan tiba di lokasi sekitar pukul 05.10 WITA.

“Tim pemadam kemudian melakukan proses pendinginan untuk memastikan tidak ada sisa bara yang dapat menyebabkan kebakaran kembali. Pada pukul 05.30 WITA, api dinyatakan padam sepenuhnya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pjs Bupati Jembrana Serahkan Santunan Duka Korban Tertimpa Pohon di Mendoyo

Berata memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sementara kerugian materiil belum dapat diperkirakan. Adapun dugaan penyebab kebakaran berasal dari dapur restoran yang berada di area resto SGV 1.

“Tim kepolisian telah mengamankan tempat kejadian perkara (TKP), memasang garis polisi, mencatat dan menginterogasi saksi-saksi, serta meminta bantuan dari laboratorium forensik untuk penyelidikan lebih lanjut,” tambah Berata. (ana)