Waspadai Kandungan Berbahaya Mie Instan untuk Kesehatan Anak

Ilustrasi mie instan. (foto:Canva)
Ilustrasi mie instan. (foto:Canva)

PANTAUBALI.COM – Mie instan adalah makanan yang mudah dibuat dan memiliki cita rasa gurih. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat beberapa kandungan dalam mie instan yang kurang baik jika dikonsumsi secara terus-menerus?

Dilansir dari laman Halodoc, berikut adalah alasan mengapa mie instan bukan pilihan makanan yang sehat untuk anak-anak:

  1. Telah diproses sebelumnya

Mie instan adalah makanan olahan yang terdiri dari tepung olahan (maida). Makanan ini adalah produk olahan tinggi yang tidak memiliki vitamin dan mineral esensial serta tidak memberikan nilai gizi yang baik.

Baca Juga:  6 Gejala Asam Urat pada Lutut yang Patut Diwaspadai

2. Kandungan lemak trans

Proses pengolahan yang panjang, mulai dari pengukusan hingga penggorengan untuk memperpanjang umur simpan, menyebabkan adanya lemak trans dalam mie instan. Lemak trans ini dapat menyebabkan penambahan berat badan pada anak.

3. Lapisan lilin pada mie

Mie instan dilapisi dengan lilin untuk memberikan tampilan yang menarik. Namun, lapisan lilin ini dapat menyebabkan kerusakan pada hati jika dikonsumsi secara terus-menerus.

Baca Juga:  Kenali 5 Manfaat Air Rebusan Kunyit Untuk Kesehatan

4. Mengandung propilen glikol

Mie instan ditambahkan propilen glikol untuk mempertahankan kelembapan internalnya. Konsumsi propilen glikol dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pada hati, jantung, dan ginjal, karena zat ini dapat menumpuk di organ-organ tersebut.

5. Mengandung monosodium glutamat (MSG)

MSG digunakan dalam mie instan untuk meningkatkan dan memperkuat rasa. Bahan kimia ini sangat berbahaya dan dapat mempengaruhi fungsi otak jika dikonsumsi berlebihan.

Baca Juga:  Ternyata Ini Penyebab Bayi Rewel di Malam Hari

6. Kandungan sodium sebagai pengawet

Mie instan mengandung garam dalam jumlah tinggi yang berfungsi sebagai pengawet. Sodium dalam jumlah tinggi dapat langsung mempengaruhi organ-organ vital dan dapat menyebabkan kerusakan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Itulah beberapa kandungan yang berbahaya bagi tubuh jika terlalu sering mengonsumsi mie instan. Kandungan-kandungan ini sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Tetap perhatikan asupan makanan bagi Anda dan anak-anak agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.