Cagub Koster-Giri dan Cabup Sanjaya-Dirga Janji Bangun Rumah Sakit Pratama di 10 Kecamatan Tabanan

Calon Wakil Gubernur Bali Nyoman Giri Prasta (tengah) dan Calon Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya – Made Dirga berjanji akan membangun Rumah Sakit Pratama.
Calon Wakil Gubernur Bali Nyoman Giri Prasta (tengah) dan Calon Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya – Made Dirga berjanji akan membangun Rumah Sakit Pratama.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Calon Gubernur Bali Wayan Koster – Nyoman Giri Prasta dan Calon Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya – Made Dirga berjanji akan membangun Rumah Sakit Pratama di sepuluh kecamatan yang ada di Kabupaten Tabanan jika terpilih.

Hal itu disampaikan oleh Giri Prasta saat kampanye di Wantilan Desa Adat Kaba-Kaba, Kecamatan Kediri, Tabanan, Sabtu (12/11/2024).

“Astungkara jika Koster-Giri dan Sanjaya-Dirga terpilih maka rumah sakit pratama akan dituntaskan di setiap kecamatan,” ujar Calon Gubernur nomor urut 02 yang diusung oleh PDI Perjuangan tersebut.

Baca Juga:  De Gadjah Minta Tim Hukumnya Laporkan Dugaan Intimidasi Mangku Melanting Pasar Tabanan ke Bawaslu Pusat

Giri Prasta menjelaskan, program ini dibuat untuk meratakan fasilitas kesehatan sehingga masyarakat tidak perlu lagi mencari layanan medis di kabupaten tetangga.

“Contohnya, untuk masyarakat yang di Selemadeg Barat agar tidak sampai berobat ke jembrana, cukup hanya di Selemadeg Barat. Sama juga yang ada di Pupuan biar tidak sampai berobat ke Buleleng,” ujarnya.

Baca Juga:  Apotek Melati Farma Tabanan Terbakar Akibat Korsleting Listrik, Kerugian Capai Rp7 Miliar

Mantan Bupati Badung itu juga menjanjikan akan menyiapkan mobil ambulans lengkap dengan bidan untuk 133 desa yang ada di Kabupaten Tabanan.

Fasilitas kesehatan ini akan menjadi prioritas, dengan anggaran minimal 10 persen dari APBD, sesuai amanat UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

“Jika ada kekurangan anggaran, Kabupaten Tabanan akan mendapatkan dukungan tambahan anggaran dari Kabupaten Badung untuk memastikan pembangunan ini terwujud. Itu solusi yang akan kami berikan jika Koster-Giri dan Sanjaya-Dirga terpilih,” ucapnya.

Selain di bidang kesehatan, Koster Giri juga menjanjikan peningkatan infrastruktur dan sektor lainnya, seperti memperbaiki seluruh jalan di Desa Kaba-Kaba, pendidikan gratis bagi siswa SD dan SMP, pelestarian adat dan budaya, pariwisata, hingga jaminan sosial. (ana)