Jembrana Kite Festival Kembali Digelar, Suguhkan Atraksi Wisata Berkelas Nasional dan Internasional

Jembrana Kite Festival kembali digelar di Sirkuit All in One Jembrana pada Sabtu (21/9/2024).
Jembrana Kite Festival kembali digelar di Sirkuit All in One Jembrana pada Sabtu (21/9/2024).

PANTAUBALI.COM, JEMBRANA – Jembrana Kite Festival kembali digelar di Sirkuit All in One Jembrana pada Sabtu (21/9/2024).

Festival ini tidak hanya menarik minat pecinta layang-layang lokal, tetapi juga peserta dari berbagai negara.

Setelah sukses pada penyelenggaraan tahun sebelumnya, festival ini kembali digelar untuk yang kedua kalinya, dengan partisipasi sembilan negara.

Festival ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT RI ke-79 dan HUT Kota Negara ke-129, serta menjadi daya tarik wisata unggulan di Kabupaten Jembrana.

Diharapkan, acara ini menjadi magnet bagi para pecinta layang-layang, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Baca Juga:  Permudah Akses Publik, MPP Jembrana Sediakan 23 Layanan di Satu Atap

Selain menampilkan ekshibisi layang-layang internasional dari sembilan negara, pada hari kedua, 22 September 2024, akan kembali digelar ekshibisi layang-layang internasional dan perlombaan layang-layang tradisional.

Lomba ini diikuti oleh ratusan sekaa layang-layang lokal dari dalam dan luar Kabupaten Jembrana, yang dikoordinir oleh PELANGI Jembrana, serta dimeriahkan oleh penampilan band lokal.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana, A.A. Komang Sapta Negara, menyampaikan bahwa tujuan dari festival ini adalah untuk mempromosikan budaya lokal dan memperkuat pariwisata Jembrana.

Ia berharap acara ini dapat menjadi event tahunan yang semakin memperkokoh daya tarik pariwisata Jembrana, sekaligus mempromosikan Sirkuit All In One sebagai destinasi wisata unggulan.

Baca Juga:  Jembrana Raih Penghargaan Nasional Desa Cantik Terbaik 

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati atas komitmen, dukungan, dan semangatnya dalam mendukung terselenggaranya festival ini,” ujar A.A. Komang Sapta Negara.

Selain sebagai wadah untuk menyalurkan minat dan bakat di bidang seni dan budaya, khususnya bagi seniman muda, acara ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa.

“Festival ini juga menjadi media pendidikan budaya tradisional, meningkatkan kreativitas generasi muda, serta memperkuat promosi dan kerja sama pariwisata dengan berbagai pemangku kepentingan,” tambahnya.

Baca Juga:  Pjs Bupati Jembrana Dijabat Karo Pemkesra Pemprov Bali, Ketut Sukra Negara

Setelah secara resmi membuka Jembrana Kite Festival dengan pelepasan balon, disertai hiburan dan ekshibisi layang-layang internasional, Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyampaikan apresiasinya terhadap festival ini.

“Harapan kami, acara ini terus berkembang menjadi festival tahunan yang semakin menarik perhatian wisatawan domestik maupun internasional,” tutup Bupati Tamba.