Pemkab Jembrana Kick Off Integrasi Layanan Kesehatan Primer

Kick Off Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP), di Auditorium Pemkab Jembrana, Selasa (10/9/2024).
Kick Off Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP), di Auditorium Pemkab Jembrana, Selasa (10/9/2024).

PANTAUBALI.COM, JEMBRANA – Pemerintah Kabupaten Jembrana melalui Dinas Kesehatan menggelar Kick Off Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP), di Auditorium Pemkab Jembrana, Selasa (10/9/2024).

Kegiatan ini dilakukan untuk mewujudkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat secara optimal dan menyeluruh.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba membuka kegiatan yang ditandai dengan pemukulan gong dilanjutkan dengan penyerahan sembilan sepeda motor secara simbolis kepada puskesmas se-Kabupaten Jembrana.

Bupati Tamba mengatakan, penyelenggaraan integrasi layanan primer tidak hanya menjadi tanggungjawab dari sektor Kesehatan, tetapi perlu dukungan dari semua sektor, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai dengan monitoring dan evaluasi.

“Peran masyarakat serta pemerintah desa/kelurahan sangat penting dalam mengimplementasikan. Maka saya minta kepada seluruh elemen untuk dapat mendukung dan membersamai pelaksanaan kebijakan ini,” ucapnya.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Tanggapi Pandangan Tiga Fraksi DPRD Tabanan Terhadap Dua Ranperda

Lebih lanjut, Tamba mengatakan dengan diberikannya bantuan sepeda motor kepada puskesmas yang ada di Jembrana, diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat kepada masyarakat.

“Kita mendapatkan bantuan dari Kementrian pusat, berupa sembilan sepeda motor. ini merupakan bagian daripada alat transportasi. Saya harap dapat menjangkau pelayanan yang lebih cepat kepada masyarakat,” harapanya.

Baca Juga:  Pedagang Mulai Tempati Pasar Negara Bahagia

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana , Dr. Made Dwipayana mengatakan, pelayanan kesehatan di Kabupaten Jembrana sudah cukup Bagus dan terus berbenah sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Namun demikian masih banyak yang harus dibenahi mulai dari anggaran, sarana dan prasarana termasuk alat kesehatan, sarana transportasi, SDM dan juga manajemen Pelayanannya.

Sehubungan hal tersebut pihaknya menyambut baik adanya Transformasi Pelayanan Kesehatan yang terintegrasi mulai dari layanan sasar, lanjutan di rumah sakit sampai dengan teknologi informasi kesehatan.

Baca Juga:  Transaksi Pameran UMKM Jembrana Tembus Rp128 Juta

“Hari ini kita awali dengan Kick Off Intergrasi Layanan Primer mulai dari Posyandu hingga Puskemas. Kedepan saya harap tranformasimasi ini menyentuh RSU Negara dengan Transformasi 7 Layanan Unggulan seperti Jantung, Urologi, Neurologi dan sebagainya,” pungkasnya. (rls)