Proyek Revitalisasi Pasar Umum Negara Capai 92 Persen

Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengecek revitalisasi Pasar Umum Negara bersama Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan, Kadis PUPRPKP serta pengawas proyek, Jumat (19/7/2024).
Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengecek revitalisasi Pasar Umum Negara bersama Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan, Kadis PUPRPKP serta pengawas proyek, Jumat (19/7/2024).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Bupati Jembrana I Nengah Tamba kembali melaksanakan pengecekan revitalisasi Pasar Umum Negara didampingi  Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan, Kadis PUPRPKP serta pengawas proyek, Jumat (19/7/2024).

Bupati Tamba ingin memastikan pembanguan pasar  sesuai spesifikasi, berkualitas dan tepat waktu pengerjaan.

Bangunan Pasar Umum Negara didesain modern pemanfaatannya serra lebih baik dengan tetap mempertahankan nilai tradisionalnya.

Sejauh ini, revitalisasi Pasar Umum Negara telah mencapai 92 persen. Bupati Tamba secara langsung blusukan untuk melihat setiap sudut Pasar Umum Negara. Menurutnya, seluruh pekerjaan sudah seperti apa yang diharapkan.

“Tadi saya sudah keliling dengan kontraktor dan juga pak Kadis untuk melihat situasi apakah sudah sesuai dengan harapan, saya rasa sudah masuk,” ujarnya.

Baca Juga:  Desa Pulukan Ditetapkan Sebagai Desa Cantik 2024

Bupati  tampak bersemangat menyusuri setiap kios yang ada. Pasar Umum Negara nantinya juga akan dilengkapi dengan sejumlah ruang terbuka yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung pasar baik untuk sekedar beristirahat maupun untuk saling berdiskusi.

“Kita sudah merasa senang, jadi pasar hari ini tidak melulu dengan bangunan kotak tapi disana-sininya sudah ada semacam ruang-ruang untuk diskusi, itu membanggakan,” imbuhnya.

Bupati Tamba juga yakin, Pasar Umum Negara nantinya juga akan disukai oleh anak muda karena sudah berkonsep modern. Pihaknya, juga akan mengajak anak-anak sekolah untuk melihat bagaimana keadaan Pasar Umum Negara yang baru.

“Karena konsep yang saya tawarkan ini walaupun pasar tradisional, tetapi nuansanya modern dan juga tidak melulu untuk orang tua. Anak muda pun bisa kita ajak kesini. Nanti mungkin kunjungan saya yang terakhir saya akan libatkan anak-anak SMA untuk melihat langsung, kita libatkan seluruh OSIS yang ada di kabupaten Jembrana,” kata Bupati Tamba.

Baca Juga:  Lima Atlet Kabupaten Jembrana Siap Berlaga di PON XXI Aceh

Selain itu, kata Bupati asal desa Kaliakah ini, dirinya juga akan mengajak seluruh Kepala Kewilayahan se-Jembrana untuk melihat keadaan Pasar Umum Negara untuk memperoleh masukan-masukan guna menyempurnakan penataan pasar ini. Termasuk juga para  pedagang pasar selaku pelaku utama yang berjualan dipasar umum negara.

“Dan juga seperti biasa kita ajak Kelian dinas, Kaling, termasuk juga Kepala Desa. Kita akan turun melihat secara bersama-sama, saling mengkoreksi apa yang masih dibutuhkan tentang penataan pasar yang kita bangun hari ini,” tutupnya.

Baca Juga:  APBD Tabanan 2025 Dirancang Turun Rp270,9 Miliar, Ini Penjelasan Bupati Sanjaya

Sementara itu, Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan, I Komang Agus Adinata menjelaskan perubahan batas waktu penyelesaian revitalisasi Pasar Umum Negara dikarenakan ada sejumlah tambahan pekerjaan.

“Target selesainya Pasar Umum Negara pada 30 Agustus 2024, Kontrak awal memang tanggal 17 Juli 2024, karena ada penambahan pekerjaan berupa taman, pagar dan ada revisi-revisi pekerjaan sehingga perlu ada penambahan waktu,” tandasnya. (ana)