14 Perbeke Masa Bakti 2023-2029 Dilantik Bupati Tabanan 

Bupati Sanjaya melantik 14 perbekel terpilih di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Senin (25/9/2023).
Bupati Sanjaya melantik 14 perbekel terpilih di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Senin (25/9/2023).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Sebanyak 14 perbekel atau kepala desa yang terpilih pada Pemilihan Perbekel Serentak Masa Bakti 2023-2029 dilantik oleh Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya bertempat di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Senin (25/9/2023).

Adapun 14 perbekel yang dilantik dan diambil sumpah janji jabatan yakni dari Perbekel Desa Jelijih Punggang dan Bantiran, Kecamatan Pupuan; Perbekel Desa Mundeh Kauh dan Perbekel Desa Angkah, Kecamatan Selemadeg Barat serta Perbekel Desa Megati Kecamatan Selemadeg Timur.

Kemudian, Perbekel Desa Biaung, Desa sangketan dan Desa Mangesta, Kecamatan Penebel; Desa Perean Kangin Kecamatan Baturiti; Desa Baru, Desa Marga Dajan Puri, Marga Dauh Puri, Desa Kukuh, Kecamatan Marga serta Perbekel Abiantuwung Kecamatan Kediri.

Bupati Sanjaya mengatakan, Perbekel dan perangkat Desa serta seluruh masyarakat harus saling bahu membahu, bergotong-royong dan bersama-sama menggali potensi dan sumber daya desa serta memahami kondisi wilayahnya.

Desa harus punya data yang jelas dan valid mulai dari data berapa warga miskin di desanya, data potensi wilayah serta data pendukung lainnya.

Baca Juga:  Pendaki Wanita Asal Tabanan Terperosok ke Jurang di Gunung Abang, Tim SAR Lakukan Pencarian

Hal tersebut untuk menyusun perencanaan pembangunan desa yang dalam 3 bulan ke depan, Perbekel terpilih bersama-sama stakeholder dan lembaga desa lainnya, untuk menyusun RPJM Desa berdasarkan atas visi dan misi program dan kegiatan.

“Saya berharap, Perbekel terpilih dapat menjalin komunikasi, koordinasi dan mensinergikan potensi dan program pemerintah desa dengan program pemerintah Kabupaten yang diterima Desa dengan sinergitas, menjadi salah satu pilar kokohnya dalam menentukan kemajuan dan pembangunan desa serta pembangunan kabupaten Tabanan,” harapnya.

Baca Juga:  Polisi Dalami Dugaan Keterlibatan Yayasan di Tabanan dalam Sindikat Penjualan Bayi

Sanjaya menjelaskan, program unggulan Bunga Desa atau Bupati Ngantor di Desa bisa menjadi salah satu program inovasi pemerintah daerah yang bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mendekatkan pemerintah kabupaten dengan masyarakat.

“Programnya saling beririsan, ini menjadi atensi kita, kerja bareng, kerja kolaborasi, kerja bersama-sama,” pungkasnya.

Pihaknya juga berharap, para perbekel terlantik nantinya bisa saling bersinergi dengan program pemerintah mewujudkan Visi dan Misi Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM), Senin (25/9/2023).

“Kepada Perbekel terpilih, saya ucapkan selamat menjalankan tugas, bekerjalah dengan giat, jujur, inovatif, profesional dan bertanggung jawab, untuk melaksanakan pembangunan desa yang berorientasi pada upaya kemandirian dan kemajuan perekonomian masyarakat desa,” ucap orang nomor satu di Tabanan itu.

Baca Juga:  Polres Tabanan Akan Panggil Saksi dalam Kasus Proyek Pewaregan yang Roboh

Sementara itu, I Made Sugianto yang saat itu terpilih sebagai Perbekel Desa Kukuh Kecamatan Marga Tabanan periode yang kedua, menyampaikan visinya sebagai kepala desa, yang berarti sebagai pelayan masyarakat.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Tabanan atas dukungan yang telah diberikan selama ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Tabanan, Atas dukungan beliau sehingga sinergitas antara Desa, Kecamatan dan Kabupaten benar-benar terkoneksi. Harapan kami dan masyarakat berhasil diwujudkan oleh beliau, apalagi setiap ada undangan di masyarakat, beliau selalu hadir dan tepat waktu. Itu yang menjadikan nilai plus di hati masyarakat, sekali lagi kami menghaturkan terima kasih kepada Bapak Bupati,” ucap Sugianto. (ana)