Perkuat Sinergitas, Dewan Pers Dan Diskominfo Kabupaten Badung Gelar Media Literasi

Dewan Pers bersama Diskominfo Kabupaten Badung menggelar Media Literasi: Mewujudkan Kemitraan yang Berkualitas, Proporsional, dan Profesional dengan Media” pada Kamis (3/10/2024).
Dewan Pers bersama Diskominfo Kabupaten Badung menggelar Media Literasi: Mewujudkan Kemitraan yang Berkualitas, Proporsional, dan Profesional dengan Media” pada Kamis (3/10/2024).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Dewan Pers bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Badung, menggelar acara bertajuk “Media Literasi: Mewujudkan Kemitraan yang Berkualitas, Proporsional, dan Profesional dengan Media” pada Kamis (3/10/2024) di Ruang Rapat Gita Gosana, Diskominfo Badung.

Acara ini bertujuan untuk memperkuat kesadaran tentang pentingnya informasi yang akurat dan dapat dipercaya, serta merespons keluhan masyarakat terkait penyalahgunaan profesi wartawan di era digital.

Wakil Ketua Dewan Pers, M. Agung Dharmajaya menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Dewan Pers dalam menangani berbagai persoalan pers.

Baca Juga:  PSN Tabanan Dukung Sanjaya-Dirga Lanjutkan Kepemimpinan

Masyarakat juga diberikan kesempatan untuk melaporkan pemberitaan yang dianggap merugikan kepada ahli pers yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Ada dua agenda penting yang kami lakukan di Bali, yakni literasi media dan penyegaran ahli pers. Masyarakat atau institusi yang merasa dirugikan terkait pemberitaan dapat melaporkannya kepada ahli pers untuk ditindaklanjuti,” ungkap Agung Dharmajaya.

Baca Juga:  Istirahat Kampanye, Sengap Pilih Jalan Santai hingga Bagi-Bagi Sayuran di Kerambitan bersama Relawan Semut

Agung berharap agar kegiatan media literasi ini dapat terus dilaksanakan, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap media semakin meningkat dalam menyajikan informasi yang berkualitas.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Badung, I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra, juga menyatakan pentingnya kegiatan literasi media ini untuk perangkat daerah dan masyarakat dalam memahami dunia pers.

“Kegiatan ini sangat positif untuk berbagi pengetahuan tentang pers, termasuk tujuannya untuk masyarakat, tantangan yang dihadapi, hingga verifikasi perizinan media yang perlu diketahui perangkat daerah,” ucapnya.

Acara ini dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Badung, I Nyoman Sujendra, dan dihadiri oleh perwakilan perangkat daerah serta rekan media. Narasumber yang hadir antara lain Wakil Ketua Dewan Pers, M. Agung Dharmajaya.

Baca Juga:  Hadiri Pelantikan PAW DPRD Tabanan, Edi Wirawan Harap Rai Santini Bertugas dengan Baik

Kemudian, Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga, Totok Suryanto; Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers, Yadi Heriyadi Hendriana; serta Kasubid Penmas, AKBP Ketut Eka Jaya. (ana)