Atasi Kolesterol Tinggi dengan 5 Jenis Makanan Ini

Jenis makanan yang mengatasi kolestrol tinggi.
Jenis makanan yang mengatasi kolestrol tinggi.

PANTAUBALI.COM – Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan tubuh.

Tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat dipicu oleh mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti makanan cepat saji, gorengan, atau makanan lainyang banyak mengandung minyak.

Jika dibiarkan, maka resiko terkena penyakit jantung dan stroke akan tinggi. Oleh karena itu, jika Anda menderita kolesterol tinggi, perlu menurunkan kadar kolesterol dan menjaganya tetap normal.

Salah satu caranya adalah dengan menjalani gaya hidup sehat, termasuk mengonsumsi makanan sehat.

Dilnasir dari situs Alodokter, berikut adalah pilihan makanan sehat yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Baca Juga:  Cagub Koster-Giri dan Cabup Sanjaya-Dirga Janji Bangun Rumah Sakit Pratama di 10 Kecamatan Tabanan

1. Sayur dan buah-buahan

Salah satu kelompok makanan yang sehat dan kaya nutrisi yang baik untuk dikonsimsi adalah sayuran dan buah-buahan. Untuk itu, kelompok makanan ini juga sangat dianjurkan untuk penderita kolesterol tinggi.

Kandungan serat, vitamin, dan mineral di dalamnya dikenal baik untuk kesehatan tubuh dan mampu menurunkan kolesterol jahat.

Contoh jenis sayuran dan buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi yakni sayur brokoli, bayam, sawi, selada, wortel, kentang, buah alpukat, jeruk, apel, anggur, dan stroberi.

2. Ikan

Penderita kolesterol tinggi dianjurkan untuk mengonsumsi ikan yang mengandung lemak sehat, seperti salmon, kembung, sarden, dan tuna.

Baca Juga:  Kenali 5 Manfaat Air Rebusan Kunyit Untuk Kesehatan

Riset menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dalam ikan ini baik untuk mengurangi kadar trigliserida, menjaga kolesterol baik (HDL), memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler, termasuk jantung dan stroke.

3. Biji-bijian

Biji-bijian utuh, seperti biji bunga matahari, gandum, jali, dan chia seed, juga termasuk makanan sehat bagi penderita kolesterol tinggi.
Makanan ini kaya akan vitamin, mineral, protein, lemak sehat, antioksidan, dan serat larut beta-glukan.

4. Kacang-kacangan

Selain biji-bijian, kacang-kacangan juga mengandung berbagai nutrisi, serat, dan antioksidan yang baik untuk penderita kolesterol tinggi.

Jenis kacang yang disarankan meliputi kacang polong, lentil, dan buncis sebagai sumber protein yang baik; kacang kedelai dan edamame yang mengandung protein dan isoflavon untuk menurunkan kadar kolesterol jahat; serta almond dan kenari yang mengandung fitosterol untuk menghambat penyerapan kolesterol jahat di usus.

Baca Juga:  Tips Memilih Warna Lipstick yang Sesuai Dengan Undertone Kulit

5. Makanan yang kaya stanol dan sterol

Stanol dan sterol adalah senyawa tanaman yang dapat menghambat penyerapan kolesterol di usus, sehingga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Senyawa ini dapat diperoleh dari berbagai makanan nabati, termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, serta buah dan sayuran. Saat ini, stanol dan sterol juga banyak ditambahkan dalam produk makanan dan minuman, seperti margarin, keju, cokelat, jus kemasan, dan yogurt.