Cegah Stunting, Ketua DPRD Tabanan Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan.
Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga mengajak masyarakat untuk membudayakan gemar makan ikan, khususnya anak-anak.

Dirga mengatakan, pemenuhan asupan gizi dan protein melalui konsumsi ikan dapat menjadi solusi untuk mencegah terjadinya stunting pada anak.

“Upaya makan ikan harus ditanamkan sejak dini. Peran orang tua sangatlah penting untuk mendorong hal ini,” ujarnya, Minggu (26/11/2023).

Baca Juga:  Komisi II DPRD Tabanan Cek Proyek Restoran Bodong di Desa Mengesta

Menurutnya, masyarakat yang terbiasa mengonsumsi ikan dapat membantu mencegah stunting, yang menjadi kunci penting untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas.

“Ikan mengandung protein dan omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak, baik dikonsumsi langsung maupun dalam bentuk olahan. Bagi yang tidak suka ikan mentah, anak-anak seharusnya diberikan opsi makan olahan berbahan dasar ikan,” tambahnya.

Baca Juga:  Kapolres Tabanan Imbau Masyarakat Tak Takut Melapor Jika Ada Intimidasi Selama Kampanye

Dirga berharap, gerakan gemar makan ikan ini dapat ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Sehingga, mampu mencetak generasi emas Indonesia yang berkarakter baik serta menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas, unggul dan berdaya saing.

“Pembentukan karakter bukan hanya di sekolah, tapi juga melalui asupan gizi yang baik. Diharapkan juga ibu hamil mengonsumsi ikan untuk pertumbuhan anak sebagai upaya pencegahan stunting,” imbuh Dirga. (ana)