Disdikpora Buka MPLS Kabupaten Badung 2024

Pembbukaan MPLS di SMPN 1 Petang, Kabupaten Badung.
Pembbukaan MPLS di SMPN 1 Petang, Kabupaten Badung.

PANTAUBALI.COM, BADUNG – Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung membuka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dipusatkan di SMPN 1 Petang, Senin (15/7/2024).

Acara ini dipimpin oleh Kadisdikpora Badung, I Gusti Made Dwipayana, dengan tema ‘Melalui MPLS Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar Sesuai Minat, Bakat, dan Potensi Peserta Didik’.

Dwipayana menyampaikan, pentingnya MPLS untuk mempercepat pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan bagi semua anak.

MPLS akan berlangsung selama tiga hari, dari 15 hingga 18 Juli 2023. Peserta MPLS terdiri dari 4.374 siswa SD dan 5.779 siswa SMP.

“Pentingnya melihat peluang, mendorong kemajuan, membangun karakter, dan membantu siswa menyiapkan masa depan mereka, serta penyelenggaraan MPLS tetap berpedoman pada Permendikbud nomor 18 tahun 2016,”ujarnya.

Baca Juga:  Gudang Corner House Restaurant di Legian Ludes Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Ia menjelaskan, platform Merdeka Belajar yang diperkenalkan oleh Kemendikbudristek semakin mendekatkan kepada cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara.

“Kepala sekolah dan kepala daerah sekarang dapat memonitor kualitas pendidikan melalui data hasil asesmen nasional di platform rapor pendidikan,” Terangnya.

Selanjutnya, hal ini memungkinkan perbaikan kualitas layanan pendidikan, sehingga diharapkan Kabupaten Badung dapat bersaing dan berprestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik.

“Melalui MPLS ini, anak-anak dapat lebih mengenal lingkungan sekolah barunya, sehingga diharapkan proses pembelajaran dapat berjalan dengan lebih baik,” tambahnya.

Baca Juga:  Polisi Amankan Pelaku Penikaman di Kuta, Korban Tewas dengan Lima Luka Tusukan

Sementara itu, Ketua Panitia MPLS Kabupaten Badung 2024, I Nyoman Agus Satwika Ariada menyatakan, tujuan MPLS adalah menggali potensi diri peserta didik baru, membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan sekolah, meningkatkan motivasi, semangat belajar, dan cara belajar yang efektif.

Selain itu, MPLS juga bertujuan untuk mengembangkan interaksi positif antara siswa dan warga sekolah serta menumbuhkan perilaku positif.

Baca Juga:  IB Surya Suamba Jabat Pj. Sekda Badung

“Kami mengucapkan selamat kepada siswa baru yang telah diterima di sekolah negeri maupun swasta,” ucapnya. (jas)