Warga Binaan Lapas Tabanan Dilatih LKBB dan Bela Negara

Pelatihan (LKBB) dan materi Bela Negara warga binaan Lapas Tabanan, Rabu (3/7/2024).
Pelatihan (LKBB) dan materi Bela Negara warga binaan Lapas Tabanan, Rabu (3/7/2024).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Tabanan diberi pelatihan Lomba Keterampilan Baris-Berbaris (LKBB) dan materi Bela Negara, Rabu (3/7/2024).

Ada 30 orang WBP yang mendapat pelatihan dan merupakan peserta program Rehabilitasi Sosial Pemasyarakatan tahun Anggaran 2024.

Dalam pelakasanaan LKBB dan Bela Negara, Lapas Tabanan bekerjasama dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 1619 Tabanan untuk penyediaan instruktur.

Baca Juga:  Wanita Muda Lakukan Percobaan Bunuh Diri di Pantai Yeh Gangga, Sempat Tulis Pesan di Buku

Kepala Lapas (Kalapas) Tabanan Muhamad Kameily mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sinergitas Lapas dengan stakeholder eksternal dalam melaksanakan kegiatan pembinaan.

“Kami juga telah melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Kodim 1619 Tabanan dimana salah satunya adalah ketersediaan instruktur pada pelaksanaan kegiatan Rehabilitasi Sosial,” ucapnya.

Sementara itu, Program Manager (PM) Rehabilitasi I Gede Komang Werdi mengatakan, LKBB dan Bela Negara merupakan materi yang diberikan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air bagi Warga Binaan peserta rehabilitasi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan sikap disiplin, tanggung jawab dan menumbuhkan rasa cinta tanah air dalam rangka kesadaran berbela Negara,” terangnya.

Baca Juga:  Kejari Tabanan Musnahkan Sabu-Sabu hingga Pil Koplo

Kameily juga menambahkan bahwa banyak kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan oleh WBP yang mencerminkan sikap perilaku sadar berbangsa dan bernegara.

“Contoh kecil yang menunjukkan Warga Binaan sadar berbangsa dan bernegara selama menjalani masa pidana di dalam Lapas yaitu menjaga kesehatan, menjaga kebersihan, menjaga keamanan dan ketertiban, serta menghindari hal-hal yang dapat melanggar tata tertib Lapas,” tutupnya. (ana)