Sampaikan Pandangan Umum, Fraksi Partai Golkar Menyambut Baik RAPBD Tahun Anggaran 2024

Pembacaan pandangan umum dari fraksi Partai Golkar DPRD Tabanan.
Pembacaan pandangan umum dari fraksi Partai Golkar DPRD Tabanan.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Fraksi Partai Golkar menyampaikan pandangan umum dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Tabanan yang berlangsung pada 11 Oktober 2023, berdasarkan pidato pengantar Bupati Tabanan.

Dalam pandangan yang disampaikan Sekretaris Fraksi Golkar I Ketut Budi Adnyana mengatakan, mereka menyatakan kesepakatan dan apresiasi terhadap apa yang telah disampaikan Bupati mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Tabanan Tahun Anggaran 2024.

Menurut pandangan Fraksi Partai Golkar, pada Rapat Paripurna, Selasa (17/10/2023) menyatakan pada APBD Tahun Anggaran 2024 di Kabupaten Tabanan adalah dokumen perencanaan keuangan tahunan yang sangat penting dan ditetapkan dengan Peraturan Daerah (Perda). Dokumen ini merujuk pada Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta Pagu Perubahan Anggaran dan Pendapatan Sementara (PPAS). Ranperda APBD

Baca Juga:  Hadiri Pelantikan Pimpinan DPRD Tabanan, Bupati Sanjaya Tekankan Sinergi Legislatif dan Eksekutif

2024 ini menjadi pedoman awal dalam menyusun Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Tabanan untuk tahun 2024.

Dalam Rancangan APBD tahun 2024, Pendapatan Daerah direncanakan sebesar Rp1.903 triliun lebih, mengalami penurunan sebesar Rp153,125 miliar lebih atau sekitar 7,45 persen dibandingkan dengan Anggaran Induk tahun 2023 yang mencapai Rp2,056 triliun lebih, Pendapatan Daerah tahun 2024 ini terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang direncanakan sebesar Rp564,343 miliar lebih dan Pendapatan Transfer yang direncanakan sebesar Rp1,239 triliun lebih,

Baca Juga:  Upaya Pencurian Pratima di Pura Dalem Purwa Lumajang Terekam CCTV, Warga Resah Sudah Terjadi Dua Kali

Sementara Belanja Daerah Tahun Anggaran 2024 direncanakan sebesar Rp. 1,884 triliun lebih terbagi menjadi Belanja Operasional sebesar Rp1,550 triliun lebih, Belanja Modal sebesar Rp89,025 miliar lebih Belanja Tidak Terduga sebesar Rp5,222 miliar lebih dan Belanja Transfer sebesar Rp239,939 miliar lebih.

“Fraksi Partai Golkar mengingatkan bahwa terdapat defisit anggaran sebesar Rp80,769 miliar di tahun anggaran 2024, yang akan ditutup melalui pembiayaan netto yang bersumber dari estimasi Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) tahun anggaran 2023,” ujar Budi Adnyana.

Baca Juga:  DPRD Tabanan Umumkan Susunan Pimpinan Fraksi Golkar dan Calon Wakil Ketua

Dalam kesimpulan, Fraksi Partai Golkar menyambut baik dan menyetujui dua Ranperda yang diajukan dan menekankan pentingnya pembahasan lebih lanjut sesuai dengan mekanisme yang berlaku di dewan. Fraksi Partai Golkar berkomitmen untuk mendukung pembangunan dan perencanaan anggaran Kabupaten Tabanan menuju tahun 2024. (ana)