Gusti Anom Gumanti Jabat Ketua DPRD Badung Periode 2024-2029

Sumpah Pimpinan DPRD Badung.
Sumpah Pimpinan DPRD Badung.

PANTAUBALI.COM, BADUNG – I Gusti Anom Gumanti, resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Badung masa jabatan 2024 – 2029.

Sementara Anak Agung Ngurah Ketut Agus Nadi Putra sebagai Wakil Ketua I, I Made Wijaya sebagai Wakil Ketua II, dan I Made Sunarta sebagai Wakil Ketua III.

Pelantikan mereka dilaksanakan dalam Rapat Paripurna Peresmian, Pengangkatan dan Pengambilan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Badung masa jabatan 2024-2029, bertempat di  Ruang Sidang Utama Gosana, Kantor DPRD, Puspem Badung, Rabu (18/9/2024).

Baca Juga:  Pengendara Motor Tabrak Truk Parkir di Nusa Dua hingga Tak Sadarkan Diri

Peresmian, Pengangkatan dan pengambilan sumpah janji Pimpinan DPRD Badung dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Denpasar I Nyoman Wiguna dan disaksikan seluruh undangan yang hadir.

Ketua DPRD Kabupaten Badung yang baru dilantik, I Gusti Anom Gumanti usai pelantikan menyampaikan, prioritas utama pihaknya adalah mengesahkan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Sesuai dengan ketentuan yang ada, anggota DPRD tidak boleh melakukan tugas-tugas yang diharapkan sebelum alat kelengkapan ini disahkan.

AKD akan segera diproses untuk disahkan setelah rapat paripurna ini agar pekerjaan dapat berjalan lebih cepat.

Baca Juga:  Dua Ruko di Desa Tibubeneng Terbakar, Polisi Selidiki Penyebabnya

“Mengenai Perda, saya belum menerima laporan dari Pemperda karena memang belum diresmikan. Kita akan lihat nanti berapa banyak pengajuan Perda dari Eksekutif. Namun, target kita adalah minimal menghasilkan dua Perda inisiatif Dewan setiap tahunnya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Badung Giri Prasta berharap, DPRD Kabupaten Badung dapat menjalankan fungsinya sesuai dengan Undang-undang, serta semakin meningkatkan kerjasama antara legislatif dan eksekutif.

Baca Juga:  Kunjungan Wisatawan di Bali Capai 15,8 Juta Hingga Agustus 2024

Sehingga, dapat menjadi mitra kerja strategis dalam melaksanakan berbagai program pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan di Kabupaten Badung, sebagaimana tertuang dalam visi Pemerintah Kabupaten Badung yakni : Melanjutkan Kebahagiaan Masyarakat Badung melalui Pembangunan yang Berlandaskan Tri Hita Karana.

“Diharapkan agar berbagai proses penting terutamanya terkait sejumlah regulasi yang telah masuk dalam Prolegda akan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan agenda kerja kita bersama,” ungkapnya. (rls)