Parade Gebogan Bakal Digelar di Ulun Danu Beratan Selama Satu Bulan

Parade Gebogan di Ulun Danu Beratan, Kabupaten Tabanan, Bali.
Parade Gebogan di Ulun Danu Beratan, Kabupaten Tabanan, Bali.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Daya Tarik Wisata (DTW) Ulun Danu Beratan yang terletak di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, akan menggelar parade gebogan selama satu bulan.

Parade Gebogan ini akan dilaksanakan mulai 20 Juli hingga 17 Agustus 2024 mendatang.

Selain di DTW Ulun Danu Beratan, parade yang sudah menjadi agenda tahunan ini juga akan digelar di The Blooms Garden yang lokasinya tidak jauh dari Ulun Danu.

Humas DTW Ulun Danu Beratan I Made Sukarata menjelaskan, parade gebogan ini memang menjadi event tahunan yang akan rutin digelar.

Gelaran Parade Gebogan kali ini dibagi menjadi dua yakni di Ulun Danu Beratan setiap hari Senin sampai Jumat. Kemudian, Sabtu dan Minggu di The Blooms Garden.

Baca Juga:  Antusiasme Warga Tinggi, Gebyar Air Minum Murah Perumda TAB Tabanan Capai 1.319 Pendaftar

“Parade akan dimulai saat kunjungan wisatawan mulai ramai yakni dari pukul 13.00 WITA hingga 14.00 WITA,” ujarnya, Rabu (17/7/2024).

Sukarata menyebut, parade akan melibatkan masyarakat sekitar yang merupakan gebog satakan Pura Ulun Danu Beratan, terdiri dari 13 desa adat, 3 kelian desa.

“Parade gebogan nanti dibawakan oleh ibu-ibu berjumlah 20 orang dan akan diiringi oleh baleganjur. Kemudian ada juga pragmentari yang dibawakan oleh seka tari dari masing-masing desa,” katanya.

Pihaknya berharap dengan digelarnya parade gebogan ini, jumlah kunjungan wisatawan baik di DTW Ulun Danu Beratan dan The Blooms Garden bisa meningkat.

Baca Juga:  Paslon Mulyadi-Sengap dan Sanjaya-Dirga Lolos Pemeriksaan Kesehatan 

Terkait kunjungan wisatawan, Sukarata menyebut, DTW Ulun Danu Beratan masih ramai dikunjungi oleh wisatawan mancanegara yang rata-rata mencapai 1.000 orang per hari. Wisatawan mancanegara tersebut didominasi dari India, Australia dan Eropa.

Sedangkan jumlah kunjungan wisatawan domestik mencapai 300 orang per hari yang berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“Harapannya dengan parade gebogan nanti bisa menjadi ajang promosi untuk meningkatkan kunjungan, baik wisatawan mancanegara maupun domestik,” ucapnya. (ana)