Dorong Pertumbuhan UMKM, Pemkab Badung Bersama BPD Bali Launching Program Sidi Kumbara

Launching Program Sidi Kumbara di Ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Selasa (16/7/2024).
Launching Program Sidi Kumbara di Ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Selasa (16/7/2024).

PANTAUBALI.COM, BADUNG – Program Subsidi Kredit Usaha Mikro Badung Sejahtera (Sidi Kumbara) secara resmi diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Badung bersama Bank BPD Bali, pada Selasa (16/7/2024).

Peluncuran program Sidi Kumbara bertujuan untuk pemberdayaan pelaku UMKM dan juga dalam rangka mendorong tumbuh kembangnya UMKM atau usaha mikro khususnya di Kabupaten Badung.

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung meluncurkan satu kebijakan yang sangat penting dan strategis diberikan kepada masyarakat pelaku UMKM.

Dengan Program Sidi Kumara ini pelaku usaha mikro mereka akan mendapatkan pinjaman modal melalui Bank BPD Bali dan tahap awal ini plafonnya sebesar Rp 25 juta. Kemudian akan disubsidi oleh pemerintah melalui APBD.

Ada empat yang akan di subsidi yakni biaya administrasi, biaya profesi, biaya asuransi penjaminan dan terakhir biaya bunga.

Baca Juga:  Polisi Amankan Pelaku Penikaman di Kuta, Korban Tewas dengan Lima Luka Tusukan

“Masyarakat tidak perlu membayar bunga, masyarakat tinggal pinjam dan hanya mengembalikan pokoknya saja. Bunga itu dibebankan dari APBD dan itu tujuan kita untuk memantik masyarakat untuk berkiprah melakukan kemandirian ekonomi melalui UMKM,” ujarnya.

Ditambahkan, UMKM yang sudah ada sekarang ini juga semakin kuat, semakin berdaya dan tentu nantinya pemerintah memberikan pendampingan baik dari segi manajemennya.

Baca Juga:  Bayi Tanpa Identias Ditemukan di Semak-Semak Jimbaran

Kemudian dari marketing dan lain sebagainya sehingga secara komprehensif masyarakat sebagai pelaku usaha mikro bener-bener merasa diproteksi penuh oleh pemerintah.

“Semoga dengan kebijakan Sidi Kumbara ini pertumbuhan ekonomi di Badung ini semakin berkembang dan meningkat, di satu sisi juga agar bisa menjaga inflasi itu secara stabil,” ungkap Suiasa.

Sementara itu, Dirut PT. Bank BPD I Nyoman Sudharma menyampaikan, Program Sidi Kumbara merupakan salah satu program TPAKD yang tentunya program ini disinergikan bersama-sama, serta Jamkrida Bali Mandara yang menjamin pemerintah daerah sebagai penjamin subsidi bunga.

Baca Juga:  IB Surya Suamba Jabat Pj. Sekda Badung

Bank BPD Bali memberikan kredit dan polanya eksekuting. UMKM mikro ini bisa naik kelas, bisa menikmati kredit lainnya, menikmati KUR, Bank BPD Bali ada Graduasi namanya PUSUMA sehingga satu padu menjadi salah satu bagian dari pada pengembangan perekonomian di Badung pada khususnya.

“Harapannya dari program Sidi Kumbara bisa ditingkatkan kembali subsidi bunganya sehingga programnya seperti program KUR nanti bertahap meningkat ada Graduasi,” ungkapnya. (ana)