Penderita Demam Berdarah Wajib Konsumsi 5 Buah Ini, Ampuh Naikkan Trombosit Darah

Ilustrasi buah jambu biji (Foto: Alodokter)
Ilustrasi buah jambu biji

PANTAUBALI.COM – Perubahan cuaca ekstrem yang belakangan ini terjadi menpengaruhi peningkatan penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia.

DBD merupakan salah satu jenis penyakit infeksi yang ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegypti untuk menularkan virus dengue ke tubuh manusia. Virus itulah yang menjadi penyebab penyakit DBD.

Umumnya, penyakit DBD ditandai dengan gejala berupa demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala, mual, dan muntah.

Penderita DBD juga akan mengalami gejala trombositopenia atau penurunan trombosit dalam darah.

Hal tersebut dapat memicu terjadinya perdarahan, seperti mimisan, pendarahan di gusi, muntah, atau buang air besar berdarah.

Maka, menaikkan kadar trombosit dalam darah perlu dilakukan. Biasanya, dokter akan memberikan obat untuk penaikkan trombosit.

Selain obat, mengonsumsi buah juga bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk menambah jumlah trombosit.

Baca Juga:  RSUD Tabanan akan Miliki Cathlab untuk Pengobatan Penyakit Jantung

Berikut adalah beberapa jenis buah yang mampu membantu menaikkan kadar trombosit dilansir dari berbagai sumber.

1. Jambu biji

Jambu biji adalah buah yang sudah dikenal banyak orang untuk menaikkan trombosit. Penelitian juga menyebutkan vitamin C mampu menaikkan kadar trombosit dan sel darah putih pada penderita demam berdarah.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah tersebut ampuh ntuk menaikkan trombosit. Untuk diketahui, dalam 1 buah jambu biji seberat 100 gram terkandung 87 miligram vitamin C.

Selain buahnya, daun jambu biji juga ampuh untuk meningkatkan kadar trombosit. Sebab kandungan Quercetin yang terdapat dalam daun jambu biji berperan sebagai antivirus yang dapat menghambat replikasi virus Dengue penyebab demam berdarah. Daun jambu biji dapat dikonsumsi lalapan atau meminum air rebusan daun jambu biji.

2. Mangga

Selain jambu biji, mangga juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dalam 1 buah mangga gedung dengan berat rata-rata 200 gram terdapat sekitar 60 miligram vitamin C.

Baca Juga:  RSUD Tabanan akan Miliki Cathlab untuk Pengobatan Penyakit Jantung

Dengan berat yang sama, mangga manalagi bahkan mengandung 122 miligram vitamin C.
Vitamin C dalam mangga dapat memaksimalkan penyerapan zat besi yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan trombosit.

3. Jeruk

Tidak hanya kaya kandungan vitamin C, buah jeruk kaya akan kandungan asam folat yang merulakan jenis vitamin untuk pembentukan sel darah merah dan trombosit. Satu buah jeruk berukuran besar mengandung 55 mikrogram asam folat.

4. Delima

Buah berikutnya yang dapat membantu menaikkan kadar trombosit dalam darah adalah delima. Buah delima mengandung banyak vitamin C dan folat yang berperan dalam pembentukan sel darah.

Dalam 1 buah delima dengan berat rata-rata 280 gram mengandung 30 miligram vitamin C dan 107 mikrogram asam folat. Manfaat ini hanya bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah delima secara langsung.

Baca Juga:  RSUD Tabanan akan Miliki Cathlab untuk Pengobatan Penyakit Jantung

5. Labu kuning

Labu kuning menjadi salah satu sumber vitamin K. Meskipun tidak secara langsung dapat meningkatkan trombosit, akan tetapi vitamin K bermanfaat bagi orang yang memiliki jumlah trombosit rendah dan berisiko mengalami perdarahan.

 

Itulah beberapa jenis buah yang berkhasiat untuk menaikkan trombosit darah. Berbagai jenis buah untuk menaikkan trombosit tersebut dapat dikonsumsi sehari-hari.

Selain mengonsumsi buah, penderita DBD juga harus mengonsumsi makanan lain yang dapat meningkatkan trombosit.

Terutama makanan yang mengandung zat besi, seperti daging sapi, daging kambing, ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau, serta makanan yang mengandung vitamin B12, seperti hati sapi, kerang, dan telur.