Angkat Cerita Gugurnya I Gusti Ngurah Rai dalam Peed Aya PKB ke-46, Duta Kabupaten Badung Sukses Pukau Penonton 

Penampilan Duta Kabupaten Badung dalam Peed Aya PKB ke-46.
Penampilan Duta Kabupaten Badung dalam Peed Aya PKB ke-46.

PANTAUBALI.COM, BADUNG – Duta Kabupaten Badung sukses memukau penonton dalam Peed Aya pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-46, dengan membawakan cerita gugurnya pahlawan nasional I Gusti Gurah Rai, hingga dengan upacara Pitra Yadnya yaitu Ngaben pada Sabtu (15/6/2024).

Dalam keikutsertaan Kabupaten Badung dalam PKB ini, anggaran yang dikeluarkan berkisar Rp7 miliar lebih yang bersumber dari APBD 2024.

Diikuti oleh 22 seka atau kelompok kesenian yang ada di Kabupaten Badung, dan 300 seniman dalam Peed Aya pembukaan Pesta Kesenian Bali ke-46.

Baca Juga:  Tampil di PKB, Paguyuban Seniman Muda Jembrana Tegalcangkring Tampilkan 3 Tabuh Kreasi

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, I Gde Eka Sudarwitha mengatakan, dalam pawai pembukaan PKB ke-46 Duta Kabupaten Badung mendapatkan nomor urut kesembilan dengan menampilkan keseniannya.

“Sesuai dengan tema Jana Kerthi Paramaguna Wikrama atau harkat martabat manusia unggul, kami di Kabupaten Badung mengirimkan dura dengan kekuatan penuh, dan melengkapi sebagai bagian akhir dari panca yadnya yaitu pitra yadnya,” ujar Sudarwitha.

Dalam pengangkatan cerita kepahlawanan I Gusti Ngurah Rai yang dituangkan dalam garapan pawai pembukaan, Kabupaten Badung didukung bersama kumpulan seniman bapang barong, paiketan krama istri, dan siswa SMA Kabupaten Badung.

“Seluruh duta pada pawai pembukaan, sesuai dengan ketentuan berjumlah kurang lebih 300 orang. Diawali dengan pembawa papan nama, bebandrangan, barong kurang lebih 30, baleganjur, peed berupa peperangan yang menyebabkan gugurnya I Gusti Ngurah Rai,” ungkapnya.

Baca Juga:  'erafone Lebih Dekat' akan Sapa Warga Bali pada 6-7 Juli 2024

Sudarwita melanjutkan, Peed Aya ini pun ditutup dengan pelaksanaan upacara pitra yadnya secara simbolis atas gugurnya I Gusti Ngurah Rai.

Untuk para seniman, telah dilakukan seleksi berdasarkan usulan dan potensi yang ada dan seluruh duta yang tampil pun berasal dari seluruh kecamatan di Gumi Keris.

“Kami berharap PKB ke-46 menjadi wadah penuangan dan keikut sertaan seluruh potensi seniman di Kabupaten Badung. Kemudian seluruh masyarakat dan seniman kabupaten badung ikut merasakan semarak dari PKB,” ucap mantan Camat Petang tersebut. (jas)