Tingkat Konsumsi Ikan di Tabanan Rendah, Hanya 31,08 Kg Per Tahun

Ilustrasi konsumsi ikan. (Foto: Suara Merdeka)
Ilustrasi konsumsi ikan. (Foto: Suara Merdeka)

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Tabanan per orang mencapai 31,08 kilogram per tahun.

Jumlah tersebut mencakup semua jenis ikan air tawar seperti lele, karper, guramai. Maupun jenis ikan laut seperti pindang, tongkol, tuna, dan lainnya.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan Nyoman Arta Sukma mengatakan, angka 31,08 tersebut masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan standar konsumsi nasional hingga provinsi.

Baca Juga:  Sunset di Kebun Phase 2, Menikmati Musik Sambil Kenalkan Bucephalandra

Disamping itu, angka tersebut juga tergolong rendah jika dibandingkan dengan jumlah produksi ikan di Tabanan mencapai 3.000 ton per tahun. Dan meningkat dibandingkan dengan jumlah tahun sebelumnya.

“Kalau tingkat nasional 45 sampai 50 kilogram pertahun, sedangkan untuk di provinsi tingkat konsumsi ikan mencapai 40,05 kilogram per tahun,” ucapnya, Jumat (24/11/2023).

Dia menyebut, daerah di Kabupaten Tabanan dengan konsumsi ikan terendah sesuai hasil survei adalah di daerah pegunungan, seperti Kecamatan Baturiti dan Pupuan.

“Itu berdasarkan hasil survei di Kabupaten. Kalau di daerah pesisir tingkat konsumsi ikannya lebih bagus,” ucapnya.

Baca Juga:  Kunjungan Wisatawan di Tabanan Berpotensi Melebihi 6 Juta di Akhir Tahun 2024

Atas kondisi ini, pihaknya pun melakukan berbagai upaya untuk menggenjot tingkat konsumsi ikan tingkat konsumsi ikan merata di seluruh Kecamatan di Tabanan.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan sosialisasi gerakan makan ikan yang menyasar sekolah-sekolah, baik tingkat TK, SD hingga desa-desa.

Menurutnya, kegiatan ini secara tidak langsung meningkatkan animo masyarakat terutama orang tua siswa akan pentingnya mengonsumsi ikan bagi pertumbuhan anaknya.

Baca Juga:  Mal Pelayanan Publik Tabanan Akan Difungsikan November 2024, Sekitar 200 Layanan Perizinan Disiapkan

“Jadi kami ke sekolah-sekolah dengan membawa paket makanan berisi menu ikan kemudian dibagikan kepada siswa. Kami juga bekerjasama dengan pemerintah pusat dalam melaksanakan program gemar makan ini,” jelasnya. (ana)