Tak Perlu Bingung, Begini Cara Aktifkan Fitur Eye Tracking di iOS 18

Fitur-fitur di Iphone IOS 18. (Istimewa)
Fitur-fitur di Iphone IOS 18. (Istimewa)

PANTAUBALI.COM – Apple baru-baru ini mengumumkan rilis iOS 18 dan iPadOS 18 yang dilengkapi dengan fitur inovatif bernama Eye Tracking. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol perangkat mereka hanya dengan gerakan mata, membuka era baru dalam pengalaman pengguna teknologi.

Fitur Eye Tracking memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai tugas dengan hanya menggunakan gerakan mata. Pengguna dapat menggeser layar, membuka aplikasi, dan berinteraksi dengan konten hanya dengan menggerakkan mata mereka. Ketika fitur ini aktif, pengguna akan melihat sebuah lingkaran transparan di layar yang berfungsi sebagai kursor yang mengikuti gerakan mata mereka.

Pengguna dapat memilih objek di layar dengan fokuskan pandangan mata pada objek tersebut, mirip seperti mengetuk layar. Eye Tracking menggunakan kamera depan bawaan iPhone untuk melacak mata pengguna, memerlukan posisi yang tepat dan pencahayaan yang memadai untuk kinerja yang optimal, dengan jarak mata sekitar 30 cm dari layar.

Baca Juga:  Bagaimana Generasi Sandwich Bisa Mencapai Kebebasan Finansial?

Cara Mengaktifkan Eye Tracking di iOS 18 :

1. Buka menu Pengaturan pada iPhone yang telah diperbarui ke iOS 18.
2. Pilih menu “Aksesibilitas” atau “Accessibility”.
3. Pilih menu “Eye Tracking”.
4. Ikuti panduan untuk melakukan konfigurasi gerakan mata di layar.
5. Setelah konfigurasi berhasil, Anda dapat langsung mengscroll layar hanya dengan gerakan mata.

Baca Juga:  Berkaca Dari Kasus Hanni Newjeans, Ini 6 Cara Menghadapi Bullying di Tempat Kerja

Di menu “Eye Tracking”, pengguna juga dapat menyesuaikan responsivitas gerakan kursor, menambahkan tombol virtual “Dwell”, dan memperbesar keyboard saat mengetik untuk meningkatkan kenyamanan penggunaan.

Fitur Eye Tracking yang revolusioner ini diharapkan akan membawa pengalaman pengguna Apple ke tingkat baru, memperluas kemungkinan interaksi dengan perangkat mereka tanpa harus menyentuh layar secara fisik. (sm)