Ratusan Peserta Ikuti Utsawa Dharma Gita Disbud Badung

PANTAUBALI.COM, BADUNG – Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Kebudayaan laksanakan kegiatan pelestarian dan pengembangan kebudayaan khususnya seni Dharma Gita, bertempat di Wantilan DPRD Kabupaten Badung, Rabu (11/9/2024).

Utsawa Dharma Gita Tingkat Kabupaten Badung tahun 2024, dengan jumlah peserta sebanyak 444 yang berasal dari enam Kecamatan di Kabupaten Badung.

Dari 444 peserta tersebut terdapat 38 bidang yang dilombakan dengan perincian, lomba kidung anak campuran, kidung lansia, mageguritan anak putra, mageguritan anak putri, mageguritan remaja putra, mageguritan remaja putri.

Lanjut, kekawin remaja putra, kekawin remaja putri, kekawin dewasa putra, kekawin dewasa putri, palawakya remaja putra, palawakya remaja putri, palawakya dewasa putra, palawakya dewasa putri, membaca sloka anak putri.

Lalu, membaca sloka remaja putra, membaca sloka remaja putri, membaca sloka dewasa putra, membaca sloka dewasa putri, menghafal sloka anak putra, menghafal sloka anak putri, menghafal sloka remaja putra, menghafal sloka remaja putri, menghafal sloka dewasa putra.

Diteruskan dengan, menghafal sloka dewasa putri, dharma wacana Bahasa Bali anak putra, dharma wacana Bahasa Bali anak putri, dharma wacana Bahasa Bali remaja putra, dharma wacana Bahasa Bali remaja putri, dharma wacana Bahasa Bali dewasa putra, dharma wacana Bahasa Bali dewasa putri.

Dilanjutkan dharma wacana Bahasa inggris remaja putra, dharma wacana Bahasa inggris remaja putri, dharma wacana Bahasa inggris dewasa putra, dharma wacana Bahasa inggris dewasa putri, nyanyian keagamaan Hindu dan debat agama Hindu.

Baca Juga:  Kebakaran Hebat Hanguskan Empat Ruko di Jimbaran

Pembukaan ustawa ini dilaksanakan dengan penyalaan blencong oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, I Nyoman Sujendra yang mewakili Bupati Badung.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung I Gede Eka Sudarwitha menyampaikan, tujuan diselenggarakan Utsawa Dharma Gita ini, sebagai upaya untuk melestarikan seni Dharma Gita sebagai warisan budaya Bali yang adiluhung.

“Utsawa Dharma Gita Tingkat Kabupaten Badung digelar selama tiga hari dari tanggal 11 sampai dengan 13 September ,” ujarnya.

Adapun tema di usung dalam pelaksanaan Ustawa Dharma Gita Tahun 2024 bertajuk “Adi Ripta Jaladi Mahalango” yang bermakna pentingnya menggali dan memahami sastra suci (Adi Ripta) sebagai jalan menuju kebijaksanaan tertingi.

Baca Juga:  Pengendara Motor Tabrak Truk Parkir di Nusa Dua hingga Tak Sadarkan Diri

“Peserta Utsawa Dharma Gita Kabupaten Badung telah berhasil meraih prestasi dalam berbagai tingkatan lomba mulai dari juara umum Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi Bali tahun 2018, 2019, 2022 dan 2023 serta juara umum pada Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional pada tahun 2021 dan tahun 2024,” paparnya.

Selanjutnya, pihaknya berharap pelaksanaan Utsawa Dharma Gita ini dapat terus ditingkatkan dan menjadi upaya dari pelestarian dan pengembangan sastra Agama Hindu, dan satra budaya bali yang adiluhung.

“Bagaimana kita berupaya agar melalui Utsawa Dharma Gita Ini pelestarian dan pengembangan sastra dan susastra Agama Hindu dapat semakin dimasyarakatkan dan dapat diimplementasikan dalam berbagai pembinaan-pembinaan yang dilakukan oleh lima unsur, yang pertama adalah pemerintah, yang kedua unsur kelembagaan yang ada yaitu widya sabha itu sendiri, PHDI, Majelis Desa Adat, kemudian dari unsur peserta itu sendiri, unsur Masyarakat dan komponen-komponen yang lain”, ujarnya.

Baca Juga:  Tabrak Mobil Parkir di Bypass Ngurah Rai, Seorang Remaja Alami Luka Parah

Sementara itu, Bupati Badung dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, I Nyoman Sujendra menyatakan, pihaknya tetap berkomitmen dalam melestarikan dan mengembangkan adat, tradisi, seni dan budaya melalui kegiatan pembinaan, pelatihan, konservasi, rekonstruksi, festival, dan lomba-lomba.

“Menyampaikan rasa terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang telah menyelenggarakan kegiatan Utsawa Dharma Gita ini dengan sungguh-sungguh,” Sambutnya

Sambutannya diakhiri dengan ucapan penyelenggaraan Utsawa Dharma Gita ini sebagai bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten Badung dalam hal pembangunan berbasis budaya.

Turut hadir dalam kegiatan, Ketua DPRD Kabupaten Badung diwakili ketua Komisi IV, I Nyoman Graha Wicaksana, Ketua Gatriwara Kabupaten Badung Ni Nyoman Ayu Suarthini, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, I Gede Eka Sudarwitha, Ketua Widya Sabha Kabupaten Badung Bagus Sapta Tenaya, peserta Utsawa Dharma Gita, dan jajaran Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung. (jas)