Bupati Tabanan Apresiasi Pelaksanaan Yadnya di Desa Tegalmengkeb dan Bongan

Bupati Sanjaya menghadiri Upacara Pemakuhan dan Pemelaspasan Pura Dalem Pondok di Desa Adat Bongan, Desa Tegalmengkeb, Kecamatan Selemadeg Timur.
Bupati Sanjaya menghadiri Upacara Pemakuhan dan Pemelaspasan Pura Dalem Pondok di Desa Adat Bongan, Desa Tegalmengkeb, Kecamatan Selemadeg Timur.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pelestarian tradisi budaya serta pembangunan berkelanjutan di masyarakat melalui kegiatan roadshow yang mengedepankan kebersamaan dan gotong-royong.

Pada Selasa (10/9/2024), Bupati Sanjaya menghadiri Upacara Pemakuhan dan Pemelaspasan Pura Dalem Pondok di Desa Adat Bongan, Desa Tegalmengkeb, Kecamatan Selemadeg Timur.

Bupati hadir bersama rombongan dari Pemerintah Kabupaten Tabanan untuk menunjukkan dukungan terhadap pelestarian tradisi dan budaya lokal.

Puncak acara Karya yang akan berlangsung pada 11 September, akan dipuput oleh Ida Pedanda Gede Subali Sukawati Manuaba dari Griya Sukawati Selemadeg, dengan dukungan 16 kepala keluarga serta 175 keluarga krama dari Desa Adat setempat.

Acara ini juga dihadiri oleh tokoh-tokoh penting masyarakat, seperti Jro Mangku Lanang Istri, anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Sekda, kepala OPD terkait, serta Perbekel dan Bendesa Adat setempat.

Baca Juga:  DPRD Tabanan Umumkan Susunan Pimpinan Fraksi Golkar dan Calon Wakil Ketua

Kehadiran berbagai pihak tersebut menunjukkan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, tokoh adat, dan masyarakat dalam melestarikan nilai-nilai budaya yang diwariskan secara turun-temurun.

Dalam sambutannya, Bupati Sanjaya menyampaikan apresiasinya atas semangat gotong-royong yang diperlihatkan masyarakat dalam pelaksanaan yadnya ini. Ia menegaskan bahwa kebersamaan adalah kunci keberhasilan dalam setiap kegiatan di desa.

Selain itu, Bupati Sanjaya juga meluangkan waktu untuk menghadiri acara pernikahan pasangan Andya dan Ami, masyarakat Desa Adat Samsam, Kerambitan, Tabanan. Pernikahan ini merupakan momen bahagia bagi keluarga I Dewa Made Sukma Medya, yang merupakan Perbekel Samsam.

Bupati Sanjaya, didampingi anggota DPRD Tabanan, Sekda, serta kepala OPD, mengucapkan selamat dan doa kebahagiaan bagi pasangan pengantin.

Baca Juga:  13 Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Ditangkap Polres Tabanan, Barang Bukti Ratusan Pil Ekstasi, Ganja hingga Sabu

Rangkaian kunjungan Bupati Sanjaya pada hari itu diakhiri dengan menghadiri Acara Uleman Ngupasaksi Karya Melaspas Ageng di Pura Taman Beji Kahyangan Dalem, Desa Adat Bongan Puseh, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan.

Acara ini akan mencapai puncaknya pada 11 September, dipimpin oleh Ida Pedanda Gede Putu Baskara Manuaba dari Griya Gede Manuaba. Usai melakukan persembahyangan, Bupati mengungkapkan kebanggaannya atas semangat kebersamaan yang ditunjukkan masyarakat Desa Bongan.

“Kebersamaan dan gotong-royong adalah kunci menjaga kekompakan serta keberhasilan setiap kegiatan di desa. Saya sangat mengapresiasi kerja sama yang terus terjalin, dan berharap semangat ini tetap terjaga demi membangun Tabanan, menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul, dan Madani,” ujar Sanjaya.

Baca Juga:  Kabupaten Tabanan Raih Penghargaan Peduli Stunting dan Kesehatan

Bupati Sanjaya juga berharap agar kegiatan seperti ini tidak hanya dipandang sebagai pelestarian tradisi, tetapi juga sebagai momen mempererat hubungan antarwarga serta membangun sinergi yang baik antara pemerintah daerah dan masyarakat. Hal ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan di Tabanan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Senada dengan harapan Bupati, Bendesa Adat Bongan, Tegalmengkeb, I Putu Arya Saputra, mengucapkan terima kasih atas dukungan Bupati dan jajarannya. Ia menekankan bahwa keberhasilan kegiatan ini berkat semangat kebersamaan yang terus diusung oleh masyarakat Desa Adat.

“Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan dari Bapak Bupati. Terselenggaranya pembangunan ini merupakan hasil gotong-royong dan cita-cita krama di sini untuk terus maju,” ujarnya.  (rls)