Menteri Pariwisata Sandiaga Uno Kunjungi DTW Jatiluwih 

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Sandiaga Uno berkunjung ke Daya Tarik Wisata (DTW) Jatiluwih pada Jumat (3/5/2024).

Kedatangan Sandiaga Uno yakni untuk memastikan kesiapan DTW Jatiluwih yang akan dikunjungi para delegasi World Water Forum (WWF) ke-10 pada 20 Mei mendatang.

Sandiaga Uno menyebut, secara umum DTW Jatiluwih sudah siap menerima kunjungan para delegasi WWF. Mulai dari sarana prasarana yang akan digunakan oleh wisatawan, spot kunjungan, atraksi yang akan disuguhkan kepada para Delegasi hingga jenis kuliner yang akan disajikan.

Baca Juga:  Kunjungan Wisatawan di Tabanan Berpotensi Melebihi 6 Juta di Akhir Tahun 2024

“Secara keseluruhan, DTW Jatiluwih sudah siap dalam menerima kunjungan para Delegasi WWF. Kami juga sudah melihat beberapa spot yang akan dikunjungi dan atraksi apa yang akan disuguhkan kepada para Delegasi,” jelasnya.

Sandiaga Uno mengungkapkan, nantinya para Delegasi WWF akan diperkenalkan sistem subak yang ada di Jatiluwih.

Sistem subak ini merupakan salah satu sistem pengelolaan air untuk aktivitas pertanian yang berbasis kearifan lokal.

Subak Jatiluwih juga sudah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional sebagai salah satu warisan budaya dunia tak benda oleh UNESCO.

Baca Juga:  Satpam Ditemukan Tewas di Sungai Yeh Abe Tabanan, Diduga Terpeleset Saat Memancing

“Melalui pegelaran event ini, kami berharap bisa memantapkan posisi Indonsesia dalam kepemimpinannya dalam forum pengelolaan air sedunia,” lanjutnya.

Misi lain yang ingin dilakukan Kementerian Pariwisata adalah ingin memperkenalkan Desa Adat Jatiluwih sebagai salah satu nominasi Desa Wisata terbaik dunia yang diselenggarakan oleh UN Tourism pada 2024.

“Kami harapkan mudah-mudahan bisa menjadi salah satu prestasi bagi Jatiluwih. Sehingga nantinya bisa menjadi Best Tourism Village 2024. Dimana posisi sebelumnya ditempati oleh Desa Pengelipuran di Kabupaten Bangli,” tambahnya.

Sementara itu, Manajer Operasional DTW Jatiluwih Ketut Purna mengatakan, secara keseluruhan DTW Jatiluwih sudah siap menerima kunjungan delegasi WWF.

Baca Juga:  Paslon Mulyadi-Sengap dan Sanjaya-Dirga Lolos Pemeriksaan Kesehatan 

Selain itu, dengan menjadi side visit bagi delegasi WWF ini, pihaknya berharap Desa Jatiluwih bisa menjadi Best tourism village of 2024 oleh UN Tourism.

“Untuk kesiapan sebagai side visit para delegasi WWF, secara umum kami sudah sangat siap. Tahun ini kami juga mendaftar sebagai salah satu nominasi Best Tourism Village of 2024. Semoga di tahun 2024, status sebagai desa wisata terbaik bisa kami raih,” harapnya. (ana)