Ketua DPRD Tabanan Dukung Kontingen KTNA dalam Pekan Daerah XXVII

Pelepasan kontingen KTNA dilakukan di Ruang Rapat Utama Jayaning Singasana, Kantor Bupati Tabanan pada Jumat (10/4/2024).
Pelepasan kontingen KTNA dilakukan di Ruang Rapat Utama Jayaning Singasana, Kantor Bupati Tabanan pada Jumat (10/4/2024).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, I Made Dirga, memberikan dukungan terhadap Kontingen Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Tabanan yang akan mengikuti Pekan Daerah (PEDA) XXVII Provinsi Bali Tahun 2024.

Adapun acara pelepasan kontingen telah dilakukan di Ruang Rapat Utama Jayaning Singasana, Kantor Bupati Tabanan pada Jumat (10/4/2024).

Sejumlah 34 peserta dari KTNA Kabupaten Tabanan, termasuk 18 peserta utama, 12 peserta swadaya, dan 4 pendamping, hadir untuk menerima arahan langsung dari Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Hadiri Mepekeling dan Rapat Pujawali Pura Luhur Batukau 

Dalam sambutannya, Bupati Sanjaya menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam mendukung sektor pertanian sebagai salah satu lumbung beras unggulan di Bali.

“Kami fokus untuk memastikan bahwa pertanian di Tabanan tetap menjadi ikon dan tulang punggung daerah,” ujar Bupati.

PEDA XXVII Provinsi Bali akan diselenggarakan di Areal Pura Pesamuan Tiga, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, pada tanggal 13 hingga 17 Mei 2024. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Melalui PEDA KTNA XXVII Provinsi Bali Tahun 2024, Kita Mantapkan Kelembagaan Tani-Nelayan Sebagai Mitra Kerja Pemerintah Dalam Rangka Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Kesejahteraan Petani Nelayan Berdasarkan Tri Hita Karana.”

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, I Made Dirga, menegaskan pentingnya peran KTNA sebagai mitra strategis dalam pembangunan pertanian.

Baca Juga:  DPRD Tabanan Gelar Paripurna Penyampaian Pidato Bupati terkait Ranperda APBD 2025 dan Perubahan APBD 2024

“Organisasi KTNA harus mampu bertransformasi dan memberikan inovasi serta motivasi bagi petani untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas pertanian di Tabanan,” ujarnya.

Selain itu, dalam persiapan menghadapi kompetisi pada PEDA XXVII, Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan, yang diwakili oleh I Made Subagia, telah mengadakan berbagai bimbingan teknis seperti asah terampil, lomba temu karya, penyuluhan, dan pengembangan usaha. Lomba-lomba ini dirancang untuk mendorong regenerasi petani serta penerapan teknologi terbaru dalam pertanian.

Baca Juga:  APBD Tabanan 2025 Dirancang Turun Rp270,9 Miliar, Ini Penjelasan Bupati Sanjaya

Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, Kabupaten Tabanan siap menghadapi tantangan global dan mempercepat visi untuk mencapai Era Baru yang lebih makmur dan berkelanjutan. (ana)