4 Orang Tersesat di Gunung Sanghyang Akhirnya Ditemukan Selamat

TABANAN – Pantaubali.com -Empat orang tersesat saat melakukan pendakian di Gunung Sanghyang, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali Minggu (21/3) malam.Keempat diantaranya merupakan warga Kabupateb Badung dan Denpasar.

Segera setelah menerima laporan, Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) segera menggerakkan tim rescue berjumlah 5 orang menuju lokasi.

“Kami terima laporannya malam itu sekitar pukul 21.30 Wita dari Ibu Sang Ayu,” jelas Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada dalam keterangan Persnya, Senin,(22/3).

Baca Juga:  Gantikan Made Dirga, Rai Santini Resmi Dilantik PAW Anggota DPRD Tabanan

Dari laporan diterima perkiraan lokasi berada di koordinat 8° 20.068’S – 115° 6.828’E.

“Identitas keempat target pencarian atas nama A.A Istri Anom Eka Juni (39), Ni Ketut Sumariani (40), Ninik (40), dan Dek Dus (40),” ujarnya.

Awal mula kejadiannya yakni pada hari Minggu kurang lebih pukul 09.00 Wita, sebanyak 13 orang mendaki Gunung Sanghyang, namun dalam perjalanan kembali dari pendakian 4 orang terpisah dari rombongan dan tersesat. Pada pukul 21.30 Wita 1 (satu) orang korban melapor ke Basarnas Bali bahwa dirinya tersesat dan tidak mengetahui arah jalan turun.

Setelah pencarian sejak tengah malam, akhirnya keempat pendaki berhasil ditemukan dalam keadaan selamat sekitar pukul 10.52 Wita. Lokasi penemuan berada pada koordinat 8°20.10.13’ S – 115°06.55,47’E, yakni di ketinggian 1225 Mdpl.

Baca Juga:  Kapolres Tabanan Imbau Masyarakat Tak Takut Melapor Jika Ada Intimidasi Selama Kampanye

“Mereka dievakuasi turun dari Gunung Sanghyang, dan pada pukul 12.37 Wita tiba di Desa Gunung Sari, Kecamatan Penebel selanjutnya dibawa menuju Polsek Penebel – Tabanan,” paparnya.

Sembari Dirinya menambahkan, unsur SAR terlibat operasi SAR diantaranya Basarnas Bali, Polsek Penebel, Babinsa Desa Gunung Sari, BPBD Tabanan, Potensi 115 dan pemandu setempat.